Tentang kami

Aku adalah seorang warga masyarakat biasa, terlahir di sebuah kota kecil yang terletak di kaki Gunung Lawu, sekian tahun yang lalu. Waktu yang panjang telah kulewati dalam suasana dukanya hidup sebagai anak dari keluarga miskin yang hidup berpindah-pindah, dari satu rumah kontrakan ke kontrakan yang lain namun aku selalu bersyukur pada Allah karena itulah cerita hidup yang harus kami jalani. 
Lawu mountains, the land of my birth
Masih kuingat betapa sulitnya kehidupan keluarga kami waktu itu. hidup kekurangan, ibu sering sakit-sakitan dan bapak harus berjuang sendiri untuk menopang kehidupan keluarga kami. Terkadang ada rasa iri waktu itu bila melihat keluarga teman-teman yang lain terlihat hidup  berkecukupan. Namun ceritanya tidak berhenti sampai disitu.


Puji Syukur kepada Allah aku dapat bersekolah seperti yang lain, menikmati indahnya berkumpul dengan saudara-saudara serta sahabat yang senantiasa memberikan motifasi dan berbagi waktu untuk bermain, belajar serta menimba pengalaman. Sejak kecil aku punya kegemaran menjelajah menyusuri persawahan, hutan, sungai, telaga, mendaki pegunungan, jalan kaki sampai ke lain daerah. Terkadang pula 3 hari tidak pulang, tidur di tenda bersama teman-teman yang punya kegemaran sama seperti aku. Masa remajaku habis bukan untuk bersenang-senang tetapi aku gunakan untuk belajar dari alam. Karena untuk bersekolah tinggi pun rasanya tiada tega melihat sulitnya orang tua mencari nafkah. Sepulang sekolah sudah jadi kebiasaan aku ke Surau untuk membersihkan tempat ibadah dan merawatnya agar tetap baik bila ada orang yang datang. Menguras WC dan kamar mandi sudah biasa bagiku, sampai mengepel lantai agar selalu bersih. Aku bukan seorang ahli agama, karena itu memilih jalan lain agar hidupku berguna. Bila waktu luang aku suka jalan-jalan ke laut selatan atau ke puncak gunung menyusuri hutan bersama kawan-kawan seusiaku. 


Terbersit pula keinginan mendapatkan penghasilan sendiri. Berawal dari coba-coba berjualan nasi beserta minuman hangat di trotoar pasar sambil membantu orang tua jadi pengamen sound system kecil-kecilan dari satu kampung ke kampung yang lain bila ada yang memerlukan jasa kami. Lumayanlah bisa buat jajan adik-adikku dan buat biaya naik angkot ke sekolah. Sampai akhirnya aku berganti-ganti pekerjaan ikut rombongan proyek ke berbagai kota di Jawa Tengah. Dan sekarang kehidupanku telah lebih baik walau hanya menjadi seorang buruh. Tetap semangat dan penuh kewaspadaan dalam setiap langkah. 

Blog ini aku buat untuk berbagi dengan pembaca semua. Merupakan gambaran lingkungan di sekitarku, begitu pula dengan kehidupan religiku sebagai seorang muslim di bumi wali sogo. Semoga ada manfaat yang baik. Do'a ku tiada banyak yang kuharap "Selamat dunia Akherat, diriku, keluargaku dan sahabat-sahabat muslimku" Aaamiin Yaa Robbal 'Aalamiin.

Entri Populer