Grojogan Sewu

Grojogan Sewu Tawangmangu
Berada pada ketinggian kira-kira 1000 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Grojogan Sewu, berada di Komplek Hutan Wisata pepohonan pinus Kecamatan Tawangmangu, 27 km dari Karanganyar kota, memiliki luas lahan 20 ha, dapat ditempuh dengan kendaraan umum dari terminal bus Tawangmangu atau berjalan kaki sejauh 1 km, serta dapat dijangkau dengan mudah dari villa-villa maupun penginapan dan hotel yang banyak tersebar di sekitar komplek hutan wisata.


Grojogan sewu sendiri sebenarnya hanya terdiri dari 1 buah air terjun dengan ketinggian 80 meter, disebelahnya terdapat puluhan kucuran kecil dari mata air diatasnya. Udara yang sejuk dan panorama yang indah menjadi daya pikat tersendiri dari obyek wisata ini. Dipagi hari akan terasa lebih nyesss dinginnya udara diselimuti kabut tipis kaki Gunung Lawu. Grojogan Sewu telah menjadi tujuan utama wisatawan domestik maupun manca negara sejak masa lalu hingga saat ini yang datang ke Tawangmangu.

Untuk dapat mencapai lokasi air terjun pengunjung harus berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga mulai dari pintu masuk di loket satu, bagitupun saat kembali ke pintu masuk. Pengunjung yang tidak terbiasa berjalan jauh bisa dibuat ngos-ngosan menaiki anak tangga menuju pintu keluar. Terlebih bila bawaan pengunjung menarik perhatian monyet-monyet liar yang pada nongkrong dipepohonan atau di pagar-pagar sepanjang jalan. Bisa-bisa monyet-monyet itu membuat pengunjung berteriak-teriak histeris diserang kawanan monyet yang minta jatah makan siangnya. Cukup nakal ya....

Selain lewat loket 1 sebagai pintu utama pengunjung bisa lewat jalur lain dengan berjalan kaki melewati wana wisata hutan pinus menuju loket dua di sebelah barat dari areal komplek wisata dengan kondisi jalanan yang sedikit menanjak. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat menikmati segarnya berenang di air kolam yang dingin maupun bersantai bersama keluarga didalam areal komplek air terjun, atau bermain di sungai yang jernih airnya. Ada pula mainan anak-anak seperti kereta mini, taman bermain, Flaying fox dan arung jeram juga bagi kamu-kamu yang suka tantangan, atau untuk pengunjung rombongan bisa memesan Paket Outbon d terlebih dahulu.

Dan pengunjung tak perlu cemas bila kecapean atau kelelahan, karena pengunjung bisa beristirahat dimana ada warung-warung kecil yang menjajakan aneka rasa dan ragam masakan khas Tawangmangu, yang menyediakan tikar untuk merebahkan diri. Ada yang siap dengan jasa memijit juga loh.... Pokoknya lengkap... ada Sate ayam, sate kelinci, sate sapi, soto, timlo, nasi goreng, lontong tahu, capjay, mie rebus dan goreng, Ketupat tahu dan masih banyak lagiii... kpmlit beserta minumannya.
Diluar komplek pengunjung akan disuguhi aneka barang kerajinan, souvenir dan makan  ringan untuk oleh-oleh khas dari Tawangmangu yang tersaji di warung-warung souvenir sepanjang jalan di luar loket masuk. Tidak lupa bagi yang ingin mencoba menunggang kuda sekedar untuk coba-coba ataupun untuk menempuh perjalanan ke lokasi lain di Tawangmangu, puluhan penyewa kuda dari persatuan Turonggo Karyo siap mengantar pengunjung sampai ke tempat tujuan.

Tidak jauh dari komplek Grojogan Sewu pengunjung bisa bersantai bersama keluarga terutama yang membawa anak-anak kecil di areal Taman Balekambang. Di taman ini ada berbagai jenis mainan layaknya taman bermain untuk anak yang terdiri dari kolam renang, ayunan, komedi putar, manky board, flying fox, kolam ikan, sepada gunung beserta jalurnya, menara pengintai, lapangan tennis, kebun bunga yang menyediakan aneka macam tanaman hias untuk pengunjung, dan wisata kuliner di warung-warung makan sekitar lokasi tentunya. Walau tidak begitu luas namun pengujung bisa leluasa dan aman untuk memarkir kendaraannya. Untuk pengunjung rombongan ada paket outbond juga loh ditaman Balai Kambang, yang akan dipandu oleh tim setempat. Tentu saja harus memesan terbih dahulu. Penasaran ingin mecoba??? datang aja ke Tawangmangu kota kami tercinta...!!

2 komentar:

  1. Mhn info tentang Grand Valley di tawangmangu , apakah ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://riverhill-tawangmangu.com/main.php?riverhill=gallery&page=2

      Hapus

Entri Populer