Tawangmangu Kota Wisata


Selamat Datang di Tawangmangu
Tawangmangu, “tawang” yang berarti langit / tempat yang tinggi, “mangu” berarti tempat yang nyaman, adalah ibukota kecamatan ujung timur Kabupaten Karanganyar yang berbatasan dengan Propinsi Jawa Timur. Berada diperbukitan kaki gunung Lawu pada ketinggian sekitar 1200 meter diatas permukaan air laut. Merupakan daerah perbukitan hijau yang terkenal sebagai daerah pariwisata, berhawa sejuk khas pegunungan.


Kantor Kecamatan
Tawangmangu dan wilayah disekitarnya memiliki puluhan mata air kecil maupun besar yang menjadi sumber air bagi warga Tawangmangu sendiri, Karanganyar dan sekitarnya. Sungai-sungai dengan airnya yang dingin dan jernih dapat dijumpai diberbagai penjuru pedesaan. Keramah tamahan warga pedusunan Tawangmangu menjadi pelengkap daya tarik wisatawan yang datang dan juga kebudayaan yang dimiliki seperti Kesenian Reog, Jarang kepang, Pasukan Kuda Turonggo Karyo, maupun Tradisi yang dimiliki tiap-tiap pedusunan. Demikian halnya dari indahnya pemandangan alam pegunungan disekitarnya yang hijau oleh jutaan pohon pinus, cemara dan lahan pertanian tanaman pangan, bak karpet hijau membentang luas yang sejuk dimata. 


Pertanian sayur  mayur
Tawangmangu dapat diakses melalui jalan darat dari berbagai penjuru. Khusus kendaraan umum bisa ditempuh dari Magetan jawa timur, Matesih, maupun dari Solo sejauh 42 km dari palang Palur. Dapat juga melalui jalan desa dari Candi Sukuh Ngargoyoso yang terletak disebelah utara, maupun dari Kecamatan Jatiyoso yang terletak disebelah selatan.
Sejak masa pemerintahan Kolonial Belanda, Tawangmangu telah dikenal hingga manca negara. Karena keindahan alamnya dan beberapa titik yang menjadi pusat obyek wisata alam, dimana ada air terjun Grojogan Sewu sebagai maskotnya kala itu, dan beberapa obyek wisata alam lainnya yang tak kalah menarik. Indahnya alam pegunangan mampu menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun wisatawan manca Negara.

Grojogan Sewu
Untuk mendukung kelancaran sarana transportasi, pemerintah telah membangun jalan baru kearah Magetan Jawa Timur, tembus hingga obyek wisata Telaga Pasir Sarangan. Pembangunan jalan ini telah dimulai sejak tahun 2006 dan ditargetkan selesai tahun 2013. Pembangunan infra struktus ini meliputi jalan aspal sepanjang 9,15 km dan beberapa jembatan besar untuk menggantikan jalur lama yang dulunya terlalu menanjak sehingga tidak dapat dilalui kendaraan-kendaraan besar. Rute baru yang sedang dikerjakan saat ini telah dipilih rute yang tidak terlalu menanjak. Diharapkan kelak dapat dilalui kendaraan-kendaran yang lebih besar, baik Bus antar propinsi maupun kendaraan angkutan lainnya.

Taman Ria Balekambang
Kecamatan Tawangmangu terbagi menjadi beberapa Desa Kelurahan yang terdiri dari 3 Kelurahan dan 7 Desa, yaitu Kelurahan Tawangmangu, Kelurahan Blumbang, Kelurahan Kalisoro, Desa Bandardawung, Desa Gondosuli, Desa Karanglo, Desa Nglebak, Desa Sepanjang, Desa Tengklik, dan Desa Plumbon. Mayoritas masyarakat Tawangmangu berkerja sebagai petani, sebagian kecil lagi bekerja dalam beberapa bidang, seperti ; karyawan instansi perkantoran negeri maupun swasta, pedagang, pertambangan batu kapur, batu alam dan trass, home industri kerajinan/souvenir/ukir maupun industri makanan yang banyak terdapat dibeberapa desa, jasa angkutan umum dan jasa perhotelan.


DAFTAR PIMPINAN DI KECAMATAN TAWANGMANGU

Office : Jl. Lawu No 17 Tawangmangu
Telp. 0271-697001 Faks. -

CAMAT
Nama  :  YOPI EKO JATI WIBOWO, S.Sos, MM
Rumah :  Bejen, Karanganyar
HP 081567995858

SEKRETARIS
Nama  :  SIBUN, SH
Rumah :  Blumbang RT 3 RW II, Tawangmangu
Telp. :  R 0271-697729
HP 08112631357

KASI PEMERINTAHAN
Nama  :  SUPARYO, B.Sc
Rumah :  Pandan Lor RT 4 RW XIV, Karangpandan, 
Kec. Karangpandan
HP 082137632431

KASI KETENTRAMAN & KETERTIBAN
Nama  :  SANTOSO, S.Sos
Rumah :  Kalisoro RT 01/02
HP 081548762315; 085878361115

KASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Nama  :  SUWARSO, S.Sos
Rumah :  Ngrobyong RT 1 RW VI, Tohkuning, Karangpandan
HP 081329192939

KASI KESEJAHTERAAN SOSIAL
Nama  :  GUNARTO, SH
Rumah :  Jaten RT 03/13, Kec. Jaten
HP 081393613435

KASI PELAYANAN UMUM
Nama  :  KAMIJO
Rumah :  Nglebak, Tawangmangu
HP 08122633147

KASUBAG PERENCANAAN & KEUANGAN
Nama  :  MULYONO PUJI SASMITO, S.Sos
Rumah :  Jongke RT 1 RW I, Karanganyar
HP 08562982307

KASUBAG KEPEGAWAIAN
Nama  :  MUHAMAD JAHID HARAHAP, SH
Rumah :  Sawahan RT 5 RW III, Karangpandan
HP 081226261232

Sumber : 

Kabut tebal Cemoro Kandang
Dalam bidang pariwisata, diwilayah Kecamatan Tawangmangu terdapat beberapa obyek pariwisata, diantaranya yaitu ; Grojogan Sewu, Taman Ria Balekambang, Air Terjun Pengantin, Air Terjun / Pertapan Pringgodani, Puncak Lawu, Wana Wisata Cemoro Kandang, Bumi Perkemahan Sekipan, Bumi Perkemahan Camping Lawu Resort, Sumber Air Panas Cumpleng,  Situs Menggung dan Desa Sentral Tanaman Hias, serta perkebunan Salak Lawu.
Selepas berwisata, pengunjung dapat beristirahat dipenginapan maupun hotel yang tersebar diberbagai sudut perkotaan. Ada juga wisata kuliner seperti sate kelinci, sate landak, sate biawak, Sop dan berbagai menu hidangan restoran khas Tawangmangu. 

Sate Landak
Masih kurang lengkap juga bila pengunjung belum menyempatkan diri untuk berbelanja barang-barang souvenir dan oleh-oleh makanan khas Tawangmangu yang terdapat dipertokoan sepanjang jalan menuju obyek wisata, maupun yang tersaji di Pasar Wisata Tawangmangu. Tidak jauh dari Tawangmangu terdapat juga beberapa obyek wisata yang dapat ditempuh dengan mudah, diantaranya yaitu ; Candi Sukuh, Candi Cetho, Taman Saraswati, Candi Ketek, Air Terjun Parang Ijo, Air Terjun Jumog, Perkebunan Teh Kemuning, Sapto Tirto Pablengan, Gunung Kendil, Astana Mangadeg, Giri Bangun, Astana Giri Layu, dan Telaga Sarangan serta Telaga Wurung di Magetan Jawa Timur.

Salak Lawu
Untuk menambah daya tarik bagi wisatawan, dalam waktu dekat Pemkab Karanganyar akan menggarap mega proyek pembangunan wisata air Water Boom yang rencananya akan dikerjakan di dekat sumber air panas Cumpleng, Desa Plumbon. Gagasan ini pernah disampaikan sebelumnya, untuk dibangun Waterboom di sumber air panas Pablengan, Kecamatan Matesih. Namun akhirnya rencana itu terbangkalai begitu saja, karena investornya lari. Baru kemudian untuk saat ini gagasan tersebut dibuka lagi dan akan dilakukan desain ulang proyek water boom sumber air panas Cumpleng Desa Plumbon dengan luas area sekitar 4 hektar dan diperkirakan akan menelan biaya kurang lebih hingga 3 milyar rupiah.

Sumber :

2 komentar:

  1. info yang sangat menarik, syukur-syukur ada map yg menunjukkan lokasi wisata grojogan sewu, candi dll, serta lokasi penginapan/pondok/wisma/hotel

    BalasHapus
  2. silahkan copy di browser : https://maps.google.com/maps/ms?ie=UTF8&t=m&oe=UTF8&msa=0&msid=206688099100391912747.0004e40b5b0d5ea8683a8

    BalasHapus